Selasa, 19 Januari 2016

Tips Untuk Mengakses SIA UNDIP

Sudah menjadi hal yang lumrah diketahui, jika web Sistem Informasi Akademik (SIA) Undip (atau web apapun) sering mengalami down-server ketika mayoritas mahasiswa mulai mengaksesnya. Tak terkecuali untuk saat ini, ketika mahasiswa mulai melihat hasil studi selama satu semester dan melakukan pengisian KRS (Kartu Rencana Studi) untuk semester berikutya. Lebih dramatis lagi, baru-baru ini di web sia undip terdapat tulisan "Maaf hanya dapat diakses dari jaringan komputer di lingkungan Universitas Diponegoro". Bagaimana ini?

Untuk mengatasi kesulitan masuk SIA ini, saya menemukan beberapa cara bagus.

Cara Pertama, Gunakan Jaringan Wifi di Kampus

 


Hal ini yang saya lakukan ketika saya hendak mendownload kartu untuk UAS kemarin. Dari wifi kos, saya tidak bisa masuk sia. Saya coba berulang-ulang, siang-malam, tetap tidak bisa. Lalu besoknya saya ke kampus, menggunakan wifi di kampus (perpustakaan fsm), memasukkan url www.sia.undip.ac.id.
Taraaaa! Seakan tidak ada gangguan apapun, halaman sia terbuka begitu saja.
Untuk anda yang kesulitan masuk SIA, sedangkan anda berada di lingkungan Tembalang, saran saya gunakan jaringan wifi kampus. Dijamin SIA dapat dibuka dengan lancar.
Namun demikian, kemarin ada laporan dari teman saya yang tetap tidak bisa mengakses SIA walaupun telah menggunakan wifi kampus. Saya belum mengecek ini lebih jauh, tetapi jika hal ini memang benar, mungkin anda bisa menggunakan cara kedua. 

Cara Kedua, Gunakan Web Proxy Anonymouse FSM Undip

 


Anonymouse? Apakah ini kelompok hacktivis (aktivis melalui hacking) dunia yang terkenal itu? Yang baru-baru ini semakin terkenal melalui aksi hack sosial mereka?
Bukan kok.
Alih-alih tentang kelompok hacker, Anonymouse FSM adalah sebuah web proxy yang memfasilitasi mahasiswa UNDIP, FSM khususnya, untuk dapat mengakses SIA dari jaringan internet di luar kampus. Sehingga nanti aktivitas internet pengguna dapat dikenali sebagai aktivitas internet menggunakan jaringan internet kampus. 
Kalau internetnya sudah dikenali sebagai jaringan internet kampus, hal yang terjadi adalah seperti cara pertama di atas, SIA dapat dibuka dengan lancar.
Untuk menggunakan web proxy anonymouse FSM ini, silahkan masukkan url http://www.anonymouse.fsm.undip.ac.id 

Saat pertama kali menggunakan anonymouse FSM, saya dapat membuka dengan sangat mudah tanpa gangguan apapun. Namun, 2 hari setelahnya (kalau tidak salah), ketika saya membuka anonymouse FSM, dibutuhkan username dan password untuk dapat mengaksesnya. (Harusnya memang demikian, memasukkan identitias untuk membukanya)
Saya mulai mencoba-coba, username saya isi nama saya dan password-nya NIM (Nomor Induk Mahasiswa) saya. Ternyata gagal. Saya balik, username-nya NIM saya dan password-nya nama saya, masih gagal. Saya tidak bisa lagi mengakses anonymouse FSM.

Beberapa waktu lalu teman saya ada yang bilang kalau ia dapat masuk ke anonymouse FSM dengan mengisi username dengan NIM, dan password dengan tanggal lahir. Saya mencobanya, tetapi tetap gagal, dan saya tidak bisa membuka SIA.

Sampai akhirnya saya menemukan cara ketiga, cara paling mutakhir untuk membuka SIA.

Cara Ketiga, Anonymouse FSM dengan Sedikit Sentuhan Tambahan



Cara ketiga ini saya temukan sendiri dengan tidak sengaja, dengan mempelajari pola keberuntungan yang saya alami. Cara ini tetap memanfaatkan web proxy anonymouse FSM, tetapi dengan sedikit sentuhan tambahan.
Kalau di cara kedua, web url anonymouse FSM yang kita masukkan adalah http://www.anonymouse.fsm.undip.ac.id, di cara ketiga ini bukan. Ada sedikit tambahan, menjadi  http://www.anonymouse.fsm.undip.ac.id/index.php.
Dengan memasukkan tambahan index.php, kolom username dan password tetap muncul, akan tetapi dengan menekan tombol cancel kolom itu hilang dan kita dapat masuk ke anonymouse FSM! Begitu seterusnya, setiap kali muncul kolom username dan password, klik tombol cancel.
Saya tidak tahu kenapa tambahan index.php dapat membuat hal tersebut dapat terjadi, tapi kenyataannya demikian. Setelah memasuki anonymouse FSM, kita dapat masuk ke SIA dengan mudah. Melihat nilai hasil studi selama satu semester dan melakukan pengisian KRS (Kartu Rencana Studi) untuk semeseter berikutnya.


Cara Keempat, Akses SIA Jauh-jauh Hari 


Ini adalah tips terakhir yang paling mduah dan efektif dari keseluruhan cara di atas. Yaitu, akses SIA jauh-jauh hari, jangan mengaksesnya ketika akhir-akhir waktu, karena bisa dipastikan yang mengakses banyak dan server akan down. Server down bukanlah kesalahan yang fatal (walaupun seharusnya dapat diupayakan untuk diperbaiki), karena pada kenyataannya banyak web yang server-nya down ketika banyak orang yang mengaksesnya. Misal seperti web SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri, dan lain sebagainya, itu saya saya alami satu tahun lalu ketika membantu teman-teman saya mendaftar di SBMPTN atau UM, seringkali di akhir-akhir waktu pendaftaran web tidak bisa diakses, karena server-nya down.

***

Demikian keempat cara untuk mengakses SIA Undip ketika anda mengalami kesulitan untuk mengaksesnya, padahal anda sedang sangat butuh.
Semoga bermanfaat.

11 komentar:

  1. udah coba 4-4nya gabisa juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya pun demikian.
      Sekitar dua jam setelah tips di atas saya tulis, server anonymouse fsm mati, (mungkin dibenerin), terus trik di atas tidak bisa dipakai lagi.

      Hapus
    2. Update:
      Bisa lewat ini http://undipstrip.blogspot.co.id/2016/01/mengakses-sia-undip-melalui-anonymouse.html

      Hapus
  2. skrg anonymouse semuanya pake pass,. tambahan mending liat ke komputer di dekanat di jamin pasti bisa hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget.
      Atau kalau nggak, pake aja wifi kampus. Kemaren saya pake wifi kampus buka sia dari hp juga bisa

      Hapus
  3. Terus kalo mau KRSan gimana nih, harus ke kampus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Update:
      Bisa lewat ini http://undipstrip.blogspot.co.id/2016/01/mengakses-sia-undip-melalui-anonymouse.html

      Hapus
  4. Udah pake cara ketiga tapi tetep aja gagal, ada solusi lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sementara ini belum ada mas.
      Seharusnya bisa pakai web proxy undip yang http://vpn.undip.ac.id , tapi pas login pakai username dan password sia selalu gagal.

      Hapus
    2. Update:
      Bisa lewat ini http://undipstrip.blogspot.co.id/2016/01/mengakses-sia-undip-melalui-anonymouse.html

      Hapus