Kamis, 30 Juni 2016

Cara Mudah Konfigurasi Modem di Linux Mint

Sekedar sharing saja, di sini saya mau menjelaskan cara mudah untuk konfigurasi modem di Linux Mint tanpa perlu menginstall dan tanpa Mobile Partner. Modem yang saya gunakan saat ini yaitu Huawei dengan kartu Tri.
Sebelum berhasil dengan cara ini, saya sudah beberapa kali mencoba menginstal modem dengan terlebih dahulu menginstal software bawaan modem (Mobile Partner), yang sayangnya tidak bisa langsung saya instal seperti di OS Windows. Untuk hal itu, saya harus mendownload file Mobile Partnernya terlebih dahulu, baru kemudian menginstal sesuai petunjuk yang ada.
Singkat cerita, karena tidak begitu mengerti dengan petunjuk yang diberikan, perlu waktu cukup lama bagi saya sampai Mobile Partnernya terpasang dengan baik di laptop. Tetapi ketika hendak menghubungkan koneksi modem, ternyata modemnya tidak terdeteksi. Tiga kali saya mencoba (mengulangi proses dari awal dengan installer yang berbeda), tiga kali pula saya gagal.
Karena hal itu, saya sempat frustasi dan putus asa untuk tidak menggunakan modem tersebut.
Namun, saya mencoba menguatkan diri untuk mencobanya sekali lagi (dengan cara ngawur dan sekenanya). Hasilnya, justru saya berhasil melakukan konfigurasi modem dan dapat terhubung dengan baik ke internet. Alhamdulillah.

Berikut ini langkah yang saya lakukan:

1. Untuk lebih mudahnya, masuk ke desktop terlebih dahulu


 

2. Pilih ikon Network pada panel menu, dan pilih Network Settings

 


3. Kemudian muncul jendela baru Networking, pilih bagian Mobile Broadband 

 


4. Pilih Network, lalu add new connection (pastikan modem sudah terpasang)

 


5. Isikan data-data yang diperlukan, klik continue

 


6. Ketika sampai pada Choose Billing Plan, sesuaikan dengan mode internet yang akan dipakai

 

Di sini saya memakai provider tri, dengan APN 3gprs. Karena pada menu your plan pilihan tersebut belum ada, saya pilih my plan is not listed dan memasukkan kode 3gprs.
Lalu lanjutkan pengisian data sampai selesai.


7. Setelah selesai, modem pun dapat digunakan dengan memilih koneksi pada bagian Network di panel menu

 

 

Demikian, cara mudah konfigurasi modem di Linux Mint dari saya. 
Saya nggak tahu gimana jluntrung-nya kok cara tersebut dapat berfungsi dengan baik, karena saya ngasal dalam melakukannya. Tapi apapun itu, yang penting modem saya sudah dapat digunakan.
Bagaimana dengan modem anda? Berhasilkah dengan cara ini?

0 komentar:

Posting Komentar