Selasa, 07 Juni 2016

Penyelesaian Persamaan Diferensial


Persamaan diferensial itu njlimet!
Pernyataan tersebut bisa jadi benar, tapi bisa jadi salah. Ke-njlimet-an persamaan diferensial mungkin terjadi karena kita tidak membaca dengan benar apa yang seharusnya dipelajari--melihat sekilas ke susunan abstrak huruf dan angka--untuk kemudian mengatakan: Ah, aku tidak paham.
Padahal, jika diikuti dengan sistematis dan runut, persamaan diferensial dapat dipahami (walaupun tidak mudah).
Ada yang lebih susah daripada memahami teori penyelesaian persamaan diferensial, yaitu menyelesaikan persamaan itu sendiri. Selain penyelesaian yang panjang.... persamaan diferensial seringkali menyuguhkan nilai rumit, itu yang semakin membuat malas untuk mengerjakannya.
Maka dari itu, menurut saya tidak terlalu penting untuk dapat menyelesaikan persamaan diferensial secara manual (apalagi dengan menghafalkan cara-caranya), yang lebih penting adalah memahami dengan benar konsep dasar dalam persamaan diferensial itu sendiri. Karena toh, sekarang sudah ada banyak software yang dapat menyelesaikan persamaan diferensial hanya dalam hitungan detik kok.
Salah satunya yaitu Wolfram Alpha. Nah, saya suka menggunakannya untuk menyelesaikan persamaan diferensial. Juga dalam hal ini PR Matematika Dasar dari Pak Djuwandi tentang persamaan diferensial, dengan bantuan Wolfram Alpha, penyelesaiannya menjadi lebih mudah, karena saya langsung tau hasilnya (dan minimal dikasih tau jenis persamaan diferensialnya--kalau jadi member pro malah dikasih tau step by step-nya). 

Ah sudahlah, ceritanya cukup.

Berikut ini saya lampirkan pembahasan penyelesaian PR Matematika Dasar Pak Djuwandi dari saya, mungkin masih ada banyak kesalahan, tapi semoga bermanfaat.

 

Download pembahasannya di sini.

0 komentar:

Posting Komentar