Kamis, 01 Oktober 2015

Belajar Bisa Dari Mana Saja

Belajar bukan melulu tentang mempelajari materi-materi pelajaran yang ada di kurikulum. Belajar juga bukan melulu tentang membahas teori-teori berat dari cabang ilmu pengetahuan.
Belajar bisa apa saja. Belajar bisa di mana dan kapan saja, benar-benar kapan dan di mana saja. Bahkan ketika di ruang kuliah dosen mengajar dengan tidak asik, slide presentasi yang bikin males, posisi duduk yang tidak nyaman, ruangan panas, dan lain sebagainya, tetap ada banyak sekali pelajaran yang dapat dipetik. Beberapa di antaranya:

1. Melatih Fokus


Dengan semua kondisi yang ada (kondisi yang tidak kondusif), dibutuhkan fokus yang tinggi untuk tetap memperhatikan guru dan memperhatikan materi pelajaran, agar konsentrasi kita tidak gampang teralihkan untuk sekedar ngobrol sama teman.

2. Melawan Ngantuk


Semua kondisi yang ada memang menggiring kita menuju ambang kengantukan, namun kita juga tahu kalau tidak sopan untuk tidur dan meninggalkan dosen mengajar tanpa ada yang mendengarkan (apalagi buat yang duduknya di depan). Maka dari itu, kondisi yang sedemikian itu dapat melatih kita untuk melatih diri dalam melawan rasa ngantuk.

3. Menghormati Guru


Ini bagian yang sangat penting. Hubungan antara guru dan murid (dosen dan mahasiswa) harusnya bukan sekedar hubungan normatif dalam transfer ilmu. Lebih dari itu seorang murid harus menghormati guru, karena salah satu aspek penting untuk mendapatkan barokah ilmu (ilmu yang bermanfaat) adalah menghormati guru. Sehingga ketika guru menerangkan sesuatu, sudah sepatutnya seorang murid menyimak dengan seksama, bagaimanapun kondisi yang ada. Dan suasana tidak kondusif tersebut dapat menjadi latihan dan tolak ukur apakah kita telah benar-benar menghormati guru atau tidak.

0 komentar:

Posting Komentar