Sabtu, 12 September 2015

9 Alasan Kenapa Kalian Yang Nggak Ikut UCP 2015 Patut Menyesal



Huh.. rangkaian kegiatan UCP (Undip Creative Preneur) 2015 sudah selesai.
Capek? Hm.. capek sih, tapi saya seneng banget. Asik lah, pokoknya. Padahal awalnya saya nyesel (banget) udah terlanjur mbayar 20.000 buat ikut acara ini. Pengen nggak ikut, tapi udah bayar.. Ya udah akhirnya saya ikut acara ini (walaupun males).
Tapi...
Setelah ngikutin seluruh kegiatannya, saya sadar kalo saya keliru. Acara ini asik banget, guys.. dan saya berani mastiin kalo temen-temen yang nggak ikut acara ini cuma gara-gara males (hari Sabtu), mereka bakal nyesel banget. Percaya deh.
Kenapa? Kenapa mereka patut menyesal? Ini dia 9 alasannya:

1. Pertama kali masuk ruangan, kamu bakal dapet snack 


spaghetti-bolognese

(gambarnya cuma ilustrasi) Snack-nya ada tahu bakso, roti goreng isi coklat sama air minum. Asik lah, kalo misalnya dihitung-hitung harganya, mungkin sekitar 4.000. Lumayan buat anak kos..

2. Seminar Pertama Diisi Oleh Mas Hartiantoro



Siapa dia? Dia ketua dari RnB (Research and Business) Undip. Mawapres S1 Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Undip. Masih kuliah, tapi udah punya usaha Lumpia Bakso yang omzetnya terus naik. Udah 3 kali lolos PIMNAS, dan untuk tahun ini dapet dana 25 juta dari Dikti.
Dia nyampein materi kewirausahaan, cerita kehidupannya dan lain-lain, yang pasti inspiratif banget..

3. Hiburan musik dari Science Acoustic Big Band (SABB)


Setelah nerima materi dari Mas Hartiantoro, kami dihibur dengan nyanyian dan musik merdu dari SABB (Science Acoustic Big Band)

4. Seminar Wirausaha oleh Owner Kedai Surti



Kedai Surti ini semacam kafe atau tempat tongkrongan anak muda yang terkenal di Semarang. Sebuah kafe yang cozy dengan menu-menu makanan jadoel yang dikemas dengan gaya kekinian. Menu utama yang udah bikin Kedai Surti ini nghits banget di kalangan anak muda adalah kue cubits. Omzetnya tahun ini udah gede banget.
Nah, siapa owner dari Kedai Surti ini? 
Mereka adalah empat orang mahasiswa Undip (masih mahasiswa) yang punya jiwa wirausaha tinggi. Keren kan.. masih mahasiswa tapi udah punya usaha yang sukses. Perwakilan yang ngasih seminar UCP tadi pagi adalah mas X (waduh, saya lupa namanya, nggak saya catet). Dari presentasinya, saya nangkep kalo mas X ini bener-bener sosok anak muda gaul yang gila, yang kegilaannya nggak bisa saya ungkapin dengan kata-kata.

5.  Game Membuat Perusahaan


Setelah capek nerima materi seminar, selanjutnya kami main games. Mulai dari game semacam cerdas cermat, terus game membuat perusahaan.
Di game membuat perusahaan ini, kami diminta untuk membuat/memikirkan sebuah produk inovatif dari benda yang diberikan panitia. Ada yang punya ide buat Es Balon, Bubur Pepaya, Jasa Blender, sama Waky WakeCup. 
Nah, saya ada di perusahaan yang buat Waky WakeCup.

6. Makan Siang Yang Waw...

Steak and Fries
Seluruh kegiatan UCP pagi sudah selesai, dan sekarang waktunya untuk makan siang..!
Di sini kita dapet menu makan yang menurut saya waw banget. Makanannya tuh nasi, ayam, sambel, kacang panjang, soun, sama krupuk. Kalo diitung-itung sekitar 10.000. Lumayan banget lah buat anak kos..

7. Perjalanan Menuju Kampung Batik


(ini saya poto dari atas motor) Selesai makan, selesai sholat, kegiatan UCP diteruskan di Kampung Batik, Desa Rowosari Semarang. Dari FSM kami pergi bareng-bareng ke sana, ada yang boncengan motor sama temen, dan ada yang diboncengin sama kakak tingkat.
Itung-itung jalan-jalan lah... Udah sebulan di Semarang tapi belum pernah jalan kemana-mana, nah kegiatan UCP ini bisa jadi wadah jalan-jalan gratisan (buat yang mbonceng)... asik lah.


8. Melihat Proses Pembuatan Kain Batik


Setelah sampe di Kampung Batik, Mbak Pemandu langsung mandu kami keliling-keliling sanggar batik.. nunjukin step by step proses pembuatan kain batik. Mulai dari menenun kain, mendesain, membatik, mewarnai, membilas, dan menjemur. Kami juga diperlihatkan pembuatan batik cap, diperlihatkan alat-alat dengan pola tertentu yang buat bikin batik cap. Keren dah..

9. Kesempatan Membatik



Nah, ini bagian yang paling menarik. Kami diberi kesempatan untuk membatik secara berkelompok. Iya, membatik. Kami membatik dengan desain batik yang sudah dibuatkan.
Walaupun desain batiknya udah dibuatin, ternyata eh ternyata kami semua kesulitan. Membatik tidak semudah seperti apa yang terlihat. Membatik bukan cuma sekedar menggerakkan canting mengikuti pola yang sudah ada. Lebih dari itu, butuh pengalaman, teknik dan kehati-hatian. Kalo nggak punya ketiga aspek itu, jadinya ya... bisa dilihat sendiri, kayak yang di atas itu.
Dengan mengerahkan seluruh kemampuan, akhirnya kelompok saya bisa menyelesaikan membatik (walaupun belepotan). Ini dia hasilnya:


 ***

Kebayang kan, betapa beruntungnya mereka yang udah mau ikut kegiatan ini. Kegiatan keren yang biayanya murah sekali. Cuma bayar 20.000, kita dapet snack, makan siang, minum, seminar, pengalaman, latihan membatik dan masih banyak lagi lainnya. Bagus banget.

0 komentar:

Posting Komentar