Senin, 21 September 2015

Karena Nama "Foton" Itu Keren Banget

Nama angkatan? Nama untuk Fisika Undip angkatan 2015? Hm.. ya ya, saya akan memikirkannya.
Bagaimana dengan Foton? Bukankah itu keren?

Kepanjangan dari "Foton"

Saya tidak berpikir banyak tentang kepanjangan dari Foton, dan saya memang tidak ingin kalo Foton itu punya kepanjangan... karena hal yang jamak terjadi adalah kepanjangan itu terlalu dipaksakan dan terasa tidak alami..
Toh nama Foton sendiri jika dilihat dari filosofi dan sejarahnya itu keren banget kok.. Nggak percaya? Terusin aja bacanya :)

Ketika Pertama Kali Foton Dipostulatkan, Banyak Ilmuwan Yang Tidak Percaya


Konsep foton merupakan (sifat) partikel dari cahaya, yang pertama kali dipostulatkan oleh Albert Einstein saat ia mencoba menjelaskan secara fisis bagaimana proses fotolistrik dapat terjadi. Konsep lama yang mengatakan bahwa cahaya adalah gelombang tidak dapat menjelaskan terjadinya fotolistrik, dan postulat Einstein yang mengatakan bahwa cahaya dapat berperilaku sebagai partikel (foton) dapat menjelaskan secara gamblang seluruh proses yang ada pada efek fotolistrik.
Namun demikian, walaupun postulat dari Einstein dapat menjelaskan terjadinya proses fotolistrik, banyak ilmuwan yang menolak konsep itu, banyak ilmuwan yang tidak percaya mengenai keberadaan foton. Kenapa? Tentu saja, karena belum ada satu pun bukti eksperimen yang mendukung postulat aneh itu.

Namun Pada Akhirnya, Mau Tidak Mau Para Ilmuwan Harus Menerima Konsep Foton


Adalah Arthur Compton yang telah membuktikan secara eksperimen bahwa cahaya memang dapat berperilaku sebagai partikel. Nah, karena sudah ada bukti kuat melalui eksperimen, para ilmuwan yang awalnya menolak, yang awalnya menganggap kalo postulat foton itu cuma postulat ecek-ecek mau nggak mau harus menerima konsep itu.

Sebagaimana Kisahnya Foton, Mau Nggak Mau Semua Orang Akan Mengakui Kalau Fisika Undip Bukanlah Sebuah Jurusan Yang Ecek-Ecek

Seperti kisah foton yang udah saya ceritain sebelumnya, berdasarkan seluruh bukti keberadaan dan kehebatan Fisika Undip, pada akhirnya semua orang akan mengakui bahwa Fisika Undip bukanlah sebuah jurusan yang ecek-ecek.

Foton Adalah Partikel dengan Kecepatan Paling Besar di Dunia

Kalian tahu kan, kalo Foton mempunyai kecepatan c = 3 x 10^8 m/s? Yap, benar sekali, dan itu adalah kecepatan terbesar yang ada di dunia ini (setidaknya sampai saat ini).
Begitu juga dengan Fisika Undip 2015, yang akan menjadi yang tercepat di antara semua yang lainnya. Menjadi yang tercepat dan yang paling maju. 

Foton Tidak Bergerak dalam Dimensi Waktu


Foton adalah partikel tercepat, yang dapat menempuh jarak yang jauh dalam waktu sekejap. Atau jika dalam sudut pandang foton itu sendiri, ia tidak membutuhkan waktu sedikit pun untuk berpindah tempat, karena foton tidak bergerak dalam dimensi waktu. Foton tidak terikat waktu!
Begitu juga kebersamaan dan kekeluargaan yang ada di dalam tubuh Fisika Undip 2015.. Kekeluargaan yang tidak terikat waktu!


0 komentar:

Posting Komentar