Kamis, 06 Agustus 2015

Mikir-mikir Soal Passing Grade Undip

Tekad saya udah bulat buat bangkit dari penolakan yang pertama (SNMPTN). Saya bakal ikut seleksi lewat SBMPTN.

***

Yang aneh dari proses pilah-pilih universitas buat SBMPTN kali ini adalah, bahwa saya sama sekali nggak berharap buat bisa masuk di universitas-universitas gedhe di Indonesia (UI, ITB, UGM, ITS). Kenapa?
Eleh eleh, kalau kamu tahu gimana bingungnya nggak keterima kuliah, kamu pasti tahu alesannya. Ketrima di universitas kelas II (maksudnya di universitas yang gak gedhe2 amat) jauh lebih baik daripada nggak ketrima sama sekali. Beneran.
Dulu pas akhir-akhir masa MA, saya ngebet banget pengen kuliah di Fisika ITS. Sampe-sampe di pilihan SNMPTN saya taruh Fisika ITS di pilihan pertama. Dan waktu itu, saya juga udah punya rencana kalau ternyata saya nggak keterima (dan ternyata saya emang nggak ketrima), saya bakal naruh Fisika ITS di pilihan pertama SBMPTN.
Itu dulu, tapi nyatanya nggak kok. Saya sadar kalo sekarang bukan saatnya bertindak idealis, sekarang saatnya realistis. Saatnya sadar diri, bro! Kenali kemampuan, dan tentukan pilihan. Dan saya pikir kemampuan saya nggak bisa bawa saya masuk ke universitas kelas wahid, paling-paling cuma bisa buat masuk di universitas kelas II dan adek-adeknya.
Atas dasar itu, saya lihat-lihat data passing grade yang ada di internet. Lihat-lihat data persaingan, kemungkinan masuk, dan tethek-bengek lainnya.
Berdasarkan proses pikir-pikir yang nggak sebentar (tapi juga nggak lama), akhirnya saya pilih urutan kayak begini:
1. Fisika UNDIP
2. Fisika UNS
3. Fisika UNSOED
Nih, penampakan kartu SBMPTN saya (ternyata saya ganteng yah..):


0 komentar:

Posting Komentar