Selasa, 11 Agustus 2015

Naik Sepeda di Lingkungan Undip Bukanlah Pilihan Baik

Dari awal saya hendak mendaftar kuliah, saya sudah punya gambaran kalo besok pas kuliah saya bakal bawa sepeda onthel untuk transportasi saya kuliah. Murah, sehat, dan nggak memperparah polusi udara. Selain itu, yang saya lihat di negara-negara luar (yang maju), hampir seluruh mahasiswa yang kuliah itu naik sepeda, kayak gini:


Jadi, saya pengen ngikut tren baik (dan sangat bermanfaat) itu dengan naik sepeda pas kuliah.

***

Tapi saya melihat kenyataan yang berbalik di Indonesia; hampir semua mahasiswa itu naik motor!
Awalnya sih saya ngerasa risih: “Cih, mahasiswa kok naik motor, lha wong di negara-negara maju aja mahasiswa naik sepeda kok..”

Tapi pada akhirnya saya memahami logikanya, bahwa naik motor itu memang jauh lebih mudah dan enak daripada capek-capek ngayuh sepeda, apalagi di lingkungan Undip.
Teman saya yang udah setahun kuliah di Undip bertanya:
“Kamu besok pas kuliah bawa motor?”
“Nggak ah, saya bawa sepeda aja.” Saya menjawab
Heh? Nggak salah tuh.. Di Undip itu jalannya naik turun lho, bakal capek banget kalo kamu naik sepeda.”
“Masak sih?”
“Iya, aku bilangin kok.. Aku kan lebih pengalaman daripada kamu soal Undip.”
Saya yang awalnya mantep banget buat naik sepeda pas kuliah mulai ragu—walaupun masih tetep mantep.
Dalam hati saya membatin, ah, paling-paling cuma naik turun biasa. Capek dikit gak masalah lah, toh itu bikin badan saya sehat kok…

Tapi setelah melihat langsung daerah Undip, saya jadi bener-bener ragu.

0 komentar:

Posting Komentar