Minggu, 09 Agustus 2015

Undip Itu Mahal, Guys...

Seperti yang udah saya ceritain sebelumnya; setelah ketrima di Undip saya justru nyesel—karena ternyata biaya kuliah di Undip itu mahal banget, guys... Beneran.


Jadi gini, pas abis pengumuman SBMPTN saya dikasih tahu ama temen saya yang kuliah di Undip kalo biaya kos di Undip itu rata-rata 500.ooo/bulan. Dan seketika itu saya langsung bengong, nggak percaya kalo semahal itu.
Buat orang desa kayak saya ini, biaya 500 per bulan itu udah mahal banget nget, belum lagi biaya untuk makan dan biaya kuliah. Kalo saya makan sehari 20.000, maka sebulan biaya makan saya 600.000. Kalo misalnya saya dapet UKT 3.000.000 (semoga aja nggak, moga-moga saya ketrima Bidikmisi. Amin) sebulan biaya kuliah saya 500.000.
Kalo dijumlah? 500.000 + 600.000 + 500.000 = 1.600.000!
Gila! Penghasilan keluarga saya sebulan bahkan nggak nyampe segitu! Dan penghasilan keluarga saya pastinya nggak cuma buat biaya nguliahin saya aja, tapi juga buat bayar hutang keluarga, makan, listrik, dll.
Dan saya nggak abis pikir kenapa biayanya semahal itu.
Saya bingung buat ngelanjutin di Undip atau nggak. Kalo lanjut di Undip, biayanya semahal itu. Kalo mau ngelanjutin di universitas lain, eh, emangnya saya bisa masuk? Emangnya ada universitas yang sudi nerima saya? Kalau pun ada, paling-paling biayanya juga sama.

***

Pada akhirnya saya milih untuk tetep ngelanjutin di Undip, dengan berharap (banget) permohonan Bidikmisi saya diterima. Kalo Bidikmisi saya diterima, biaya kuliah dan makan saya udah ter-cover, dan saya cuma butuh 500/bulan untuk membayar kos—setidaknya jauh lebih murah daripada 1,6 juta.
Dan menghadapi biaya yang tetep aja besar itu, saya harus bisa dapet uang selama kuliah, dan salah satu hal yang saya lakuin buat nyari uang itu adalah… bikin blog ini.

Jadi guys, sering-sering mampir ke blog ini yah… soalnya penghasilan saya dari blog ini buat biaya saya kuliah…


Update: (Lihat lagi Prolog Undip Strip) blog ini tidak lagi saya niatkan untuk cari uang.

0 komentar:

Posting Komentar