Kamis, 13 Agustus 2015

Sopir Angkot Undip Yang Baik

Sebelum pernah nyampe ke wilayah Undip, saya udah tahu (dari baca-baca) kalo di lingkungan Undip itu ada angkot kuning yang biasa dipake mahasiswa buat alat transportasi di wilayah kampus (dan juga dipake warga Tembalang secara umumnya).
Lhah, kemarin pas pertama kali saya ke Undip saya ketemu sama tuh angkot. 

Nggak ada yang spesial sih, sama aja kayak angkot-angkot biasanya. Cuman angkot ini warnanya dominan kuning. Gitu aja.

***

Dari pertemuan dengan angkot kuning ini, saya menyadari kalo ternyata ada fakta keliru yang saya dapet dari internet. Fakta apa? Tentang tarif naik angkot. Dari internet, saya tahu kalo biaya naik angkot itu Rp 2.000. Tapi setelah bener-bener naik, ternyata tarifnya Rp 3.000. Yah, mungkin data Rp 2.000 itu data lama, sebelum kenaikan harga BBM baru-baru ini.
Awalnya sih saya pura-pura nggak tahu soal tarif 3.000 itu, langsung nyodorin uang 2.000 ke supir, tapi si supir angkot langsung nyergah “Eh, ini kurang seribu,” dan saya nambahin seribu.
Dalam hati saya membatin, wah, ternyata tarifnya emang bener-bener naik jadi 3.000.

***

Abis itu saya naik angkot lagi. Udah nyiapin uang 2.000 buat bayar angkot nantinya. Coba-coba aja siapa tahu ntar supirnya mau nerima cuma 2.000.
Saya nyebut alamat, “Bisa anter ke xxx pak?”
Si Supir bilang, “Iya, bisa.”
Dan ini bagian menariknya. Angkotnya belok ke kanan, dan saya bengong; Eh, ini bukan jalur lalu-lintasnya angkot ini. Dan saya nyadar kalo si supir ini bener-bener nganterin saya ke alamat yang saya tuju (walaupun itu bukan di jalurnya).
Saya yang awalnya udah nyiapin uang dua ribu ngerasa nggak tega, masak udah dianter gini saya kasih cuma dua ribu? Saya ngambil uang lagi di kantong, nambahin, dan jumlahnya jadi tiga ribu—tarif angkot yang bener.
Setelah saya sampe, tuh angkot langsung puter balik (mungkin kembali ke jalurnya).
Saya nggak tahu kenapa tuh sopir baik banget mau nganterin saya. Mungkin aja sopirnya emang baik, mungkin juga karena sopirnya kasihan lihat tampang melas saya, dan mungkin aja tuh sopir emang lagi butuh uang tiga ribu (kayaknya nggak).

Saya nggak tahu apa alesannya, tapi saya paham satu hal: supir angkotnya baik banget.

0 komentar:

Posting Komentar